Wednesday, April 17, 2013

Cara Melakukan Disk Defragment windows 7


Melakukan Disk Defragment pada windows 7, bertujuan untuk menata kembali struktur penempatan data pada hard disk secara urut dan rapi sehingga akan memudahkan dalam proses pembacaan data. Dengan Disk Defragment akan mengurutkan sesuai dengan alphabetic mulai dari track awal hingga track akhir dan data yang di baca melalui head disk akan lebih cepat berjalan, karena head tidak perlu meloncat dari satu track ke track lain untuk membaca data.



Cara Menggunakan Disk Defragmenter pada Windows 7
Klik  Start -> All Programs -> Accessories -> System tools -> Disk Defragmenter. Atau bisa juga melalui klik menu Start dan ketik Defragment pada form Search.

Muncul jendela Disk Defragmenter, dengan partisi yang akan di defragment, (termasuk partisi hidden).
Pada windows 7 mengizinkan untuk melakukan defragment pada beberapa partisi secara bersamaan.

Untuk melihat apakah sebuah partisi  perlu di defrag atau tidak, anda bisa klik tombol Analyze Disk. Pilih partisi mana yang ingin di defrag dan klik tombol Defragment Disk untuk memulai defrag partisi hard disk.


Menjadwalkan Disk Defragmenter Pada windows 7

Defragment disk windows 7 juga dapat anda atur dengan menjadwalkan (configure schedule) kapan proses defragment disk akan dijalankan, sehingga tidak perlu lagi defrag secara manual. Klik pada ‘’ Configure schedule ‘’.

Windows 7 secara default, system diatur melakukan defragment hard disk setiap satu minggu sekali. Anda bisa merubah sesuai dengan keinginan.System juga mengizinkan anda memilih partisi mana saja yang akan disertakan pada system disk defragment yang dijadwalkan dengan memberi centang pada check box yang ada. Demikian secara ringkas cara melakukan defragment disk pada windows 7, semoga dapat membantu dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment